WordPress merupakan platform blog atau website yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. WordPress sangat populer karena mudah digunakan dan banyak sekali plugin yang bisa digunakan secara gratis untuk menambah fitur blog atau website.

Salah satu kemudahannya adalah adanya fasilitas import dan export WordPress. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memindahkan konten dari satu website ke website lain. Fitur import dan export WordPress ini juga termasuk semua link, media, posting, pengguna, dll.

Jika Anda punya lebih dari satu blog WordPress dan ingin memindahkan konten dari satu blog ke blog yang lain, fitur import dan export WordPress ini akan sangat membantu.

Anda mungkin merasa hal ini sulit dilakukan sendiri. Namun, cara import dan export WordPress sebenarnya sangat mudah karena Anda hanya memerlukan sebuah tool bawaan WordPress yang umumnya disebut WordPress importer.

Bagi yang masih belajar menggunakan WordPress tentu membutuhkan pedoman atau tutorial agar bisa melakukannya dengan cepat dan lebih mudah.

Untuk itu Ayo Bikin Website akan menjelaskan langkah-langkah cara import dan export WordPress, serta beberapa plugin yang juga bisa digunakan untuk melakukan import dan export WordPress.

Import dan Export WordPress

Saatnya kami menjelaskan cara import dan export WordPress untuk memindahkan konten ke situs WordPress lainnya.

Agar penjelasan lebih mudah dipahami kamu menggunakan contoh memindahkan konten dari Website X ke Website Y.

Proses untuk memindahkan konten dari Website X ke Website Y dimulai dengan mengekspor data dari Website X, baru kemudian mengimpornya ke Website Y.

Cara Export Konten WordPress

Untuk bisa melakukan ekspor konten, Anda harus login terlebih dahulu sebagai Administrator di Website X. Lalu klik menu Tools > Export yang ada di sebelah kiri.

Import dan Export WordPress

Di halaman Export ini, Anda bisa memilih konten apa saja yang akan diekspor. Jika ingin mengekspor semuanya, pilih “All content”.

Jika Anda hanya ingin mengekspor beberapa konten saja, klik pada opsi Posts atau Pages.

Export Posts

Ada beberapa opsi yang tersedia jika Anda memilih opsi Post atau Page. Contohnya, jika hanya ingin memindahkan konten dalam bentuk Post, Anda bisa memilih untuk hanya mengekspor konten dengan kategori tertentu, konten yang ditulis oleh penulis tertentu, konten yang dibuat pada tanggal tertentu, dan sebagainya.

Setelah menentukan konten yang akan diekspor, klik tombol “Download Export File” dan simpan file hasil download ke komputer Anda. Hasil download berupa file XML.

Setelah selesai proses ekspor konten dari Website X, saatnya Anda login ke Website Y.

WordPress Importer

Sebelum mulai dengan cara import konten, Anda perlu mengetahui tentang WordPress Importer.

WordPress Importer adalah sebuah tool dari WordPress untuk mengimpor konten dari satu website ke website WordPress lainnya. Tool ini adalah sebuah plugin yang juga bisa digunakan untuk memindahkan situs dari localhost ke server online.

Anda bisa mengimpor berbagai data dengan WordPress Importer, antara lain:

  • Posts, pages and other custom post types
  • Comments and comment meta
  • Custom fields and post meta
  • Categories, tags and terms from custom taxonomies and term meta
  • Authors

Selain itu, Anda juga bisa mengimpor konten dari platform blogging lain menggunakan tool yang ada di halaman Import.

Bagi Anda yang sudah punya blog di platform lain seperti blogger yang mungkin agak ragu untuk pindah ke WordPress karena harus memindahkan semua konten, Anda tidak perlu bingung untuk memindahkan konten yang sudah Anda buat di blogger. Konten Anda bisa dipindahkan dengan menggunakan tool yang disediakan oleh WordPress.

Untuk tutorial ini, yang digunakan adalah WordPress Importer.

Cara Import Konten WordPress

Untuk mengimpor konten dibutuhkan plugin WordPress Importer.

Untuk menginstal WordPress Importer pilih menu Tools > Import untuk membuka halaman impor.

Import

Klik Install Now di bawah “WordPress” untuk menginstal plugin WordPress Importer.

Install Importer

Setelah plugin terinstal, klik link Run importer untuk memulai proses impor.

Run Impoter

Temukan file XML yang tadi sudah diekspor di komputer untuk di upload ke Website Y.

Untuk cara upload file XML ke blog atau website, klik Choose File dan pilih file XML yang Anda simpan. Kemudian, klik tombol Upload file and import file.

Import Konten

Tunggu beberapa saat. Lalu Anda akan melihat halaman Assign Authors. Anda punya pilihan untuk menentukan penulis konten. Anda bisa membuat user baru atau menggunakan user yang sudah ada di Website Y sebagai penulis konten.

Assign Author

Klik atau cek kotak Download and import file attachments agar file-file atau gambar yang ada dalam postingan blog ikut diimpor atau terdownload.

Jika sudah, klik Submit. Tunggu beberapa saat sampai semuanya selesai. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman berikut ini.

Import Done!

Selesai! Anda sudah berhasil mengimpor konten WordPress menggunakan WordPress Importer.

Resume Import dan Export WordPress

Proses import dan export WordPress (konten WordPress) jika diringkas adalah sebagai berikut:

Ekspor Konten

  • Pertama, masuk ke dalam akun WordPress yang ingin diekspor, login sebagai administrator.
  • Klik menu Tools > Export.
  • Di halaman Export, klik pilihan export. Pilih All Content atau opsi lain yang tersedia.
  • Tekan tombol Download Export File, simpan file XML di komputer.
  • Terakhir tekan tombol OK.

Impor Konten

  • Masuk ke akun WordPress yang baru sebagai administrator.
  • Kemudian memilih menu Tools > Import.
  • Lalu, klik opsi WordPress yang tersedia di halaman tersebut.
  • Install WordPress Importer.
  • Tekan tombol Choose File dan pilih file XML dari komputer. Lalu tekan bagian tombol Open.
  • Klik tombol Upload file and import file.
  • Di halaman Assign Authors pilih user sebagai penulis konten. Klik atau cek kotak Download and import file attachments.
  • Terakhir, tekan tombol Submit.

Cukup mudah bukan untuk melakukan import dan export konten di WordPress?

Bagaimana jika ada kesalahan import konten?

Sebelum melakukan import konten, sebaiknya membuat backup terlebih dahulu. Jadi jika terjadi kesalahan konten Anda bisa restore website seperti sebelum Anda mengimpor konten. Kemudian melakukan impor ulang.

Atau Anda bisa menginstal WP Reset dan membuat snapshot database sebelum melakukan impor. Dan jika terjadi salah impor konten, Anda bisa mengembalikan database seperti sebelum mengimpor konten hanya dengan beberapa klik tombol.

Batas Upload File WordPress

Ada catatan yang harus diperhatikan yaitu Anda harus memahami bahwa batas upload file WordPress diterapkan pada WordPress Importer.

Batasan upload file ini bisa berbeda-beda tiap hosting karena ini adalah kebijakan penyedia layanan hosting. Hal ini dapat memicu terjadinya masalah ketika mengimpor dengan ukuran yang lebih besar dari batas ukuran tersebut.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, yang harus dilakukan adalah melakukan peningkatan batas maksimum upload file. Dan cara terbaik adalah dengan meminta batuan perusahaan hosting Anda untuk meningkatkan batas ukuran maksimum upload file.

Plugin Lainnya Untuk Import dan Export

Widget Importer & Exporter

Jika Anda mengganti tema WordPress, pengaturan widget kadang-kadang dapat hilang. Dan Anda tidak bisa mengimpor widget menggunakan WordPress Importer.

Tapi perlu diingat bahwa salah satu faktor yang membuat WordPress menjadi populer adalah adanya plugin yg bisa dipakai secara gratis.

Jadi Anda bisa melakukan impor dan ekspor widget dengan menggunakan plugin Widget Importer & Exporter.

Anda bisa mengunstall plugin ini dari dashboard WordPress.

Cara melakukan ekspor dan impor widget dengan plugin ini hampir sama dengan mengekspor konten.

Untuk mengekspor hanya perlu klik pada tombol Export Widgets. Plugin ini mengekspor file dalam format JSON, bukan XML seperti tool bawaan WordPress.

Untuk melakukan impor hanya perlu klik pada tombol Import Widgets. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua widget ikut diimpor. Hal ini karena widget bawaan sebuah plugin yang belum diinstal atau belum diaktifkan tidak ikut diimpor.

Dengan plugin ini Anda bisa mengimpor widget yang sudah Anda setting tanpa perlu melakukan setting widget dari awal lagi.

WP All Import dan WP All Export

WP All Import dan WP All Export adalah dua plugin yang cukup populer. WP All Import terpasang di lebih dari 100 ribu website sedangkan WP All Export terpasang di lebih dari 80 ribu website.

Salah satu kelebihan WP All Export adalah Anda bisa mengekspor dalam bentuk CSV yang bisa Anda edit menggunakan Microsoft Excel. Jadi Anda bisa mengedit isi konten sebelum diimpor di website lainnya.

Dan hal menarik lainnya adalah plugin WP All Export menggunakan antarmuka drag-and-drop. Tentunya ini lebih memudahkan dalam penggunaan.

Anda juga bisa memanfaatkan plugin ini untuk mengedit dan mengatur urutan data.

Sedangkan dengan menggunakan WP All Import selain bisa mengimpor file XML, Anda juga bisa mengimpor file CSV. Plugin ini terintegrasi dengan WP All Export.

WP All Import juga menggunakan antarmuka drag-and-drop yang membuatnya lebih memudahkan dalam penggunaan.

Kesimpulan

Memindahkan konten dari satu website ke website lainnya terlihat cukup sederhana namun sangat berguna untuk orang yang mempunyai beberapa website.

Dengan menggunakan WordPress Importer, Anda bisa menghemat waktu untuk mengimpor konten di WordPress tanpa harus melakukan langkah yang rumit dan merepotkan seperti mengakses database WordPress. Saatnya Anda mencoba melakukannya. Jangan lupa untuk backup website terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *