Ada kalanya Anda membutuhkan web server lokal di sebuah komputer/laptop, beberapa diantara alasannya adalah sebagai berikut:

  • Anda ingin mencoba WordPress namun belum memiliki domain dan hosting sendiri.
  • Anda ingin menginstall WordPress di localhost agar Anda bisa mengembangkan dan menguji situs WordPress secara offline.
  • Anda ingin membuat WordPress di jaringan intranet yang hanya bisa diakses oleh Anda dan teman kerja satu kantor.

Anda bisa install XAMPP jika membutuhkan sebuah web server lokal, atau biasa disebut localhost.

XAMPP merupakan salah satu aplikasi server localhost serta cukup banyak digunakan dan cukup familiar di kalangan web developer saat ini.

Apa itu XAMPP

XAMPP adalah perangkat lunak (free software) bebas, yang mendukung untuk banyak sistem operasi, yang merupakan kompilasi dari beberapa program.  Penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl. Huruf “X” yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform yang menandakan bahwa software ini bisa dijalankan di sistem operasi berbeda, seperti OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, XAMPP ini juga mudah untuk digunakan sebagai web server lokal yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya XAMPP anda dapat mendownload langsung dari web resminya.

Berikut beberapa definisi program lainnya yang terdapat dalam XAMPP yang kami sadur dari berbagai sumber di internet.

  • X = Cross Platform
    Merupakan kode penanda untuk software cross platform atau yang bisa berjalan di banyak sistem operasi.
  • A = Apache
    Apache adalah aplikasi web server yang bersifat gratis dan bisa dikembangkan oleh banyak orang (open source).
  • M = MySQL / MariaDB
    MySQL atau MariaDB merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. MySQL berperan dalam mengolah, mengedit, dan menghapus daftar melalui database.
  • P = PHP
    Huruf “P” yang pertama dari akronim kata XAMPP adalah inisial untuk menunjukkan eksistensi bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk membuat website dinamis, contohnya dalam website berbasis CMS WordPress.
  • P = Perl
    Sementara itu, untuk huruf P selanjutnya merupakan singkatan dari bahasa pemrograman Perl yang kerap digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Perl ini bisa berjalan di dalam banyak sistem operasi sehingga sangat fleksibel dan banyak digunakan.

Cara Install XAMPP di Windows

Panduan atau tutorial ini diperuntukkan bagi pengguna PC Windows. Untuk sistem operasi lain kurang lebih caranya hampir sama.

1. Download XAMPP

Untuk download XAMPP Anda harus membuka website Apache Friends dan memilih link unduhan yang relevan di homepage:

Download XAMPP

2. Install XAMPP

2.1. XAMPP Setup

Lakukan instalasi setelah Anda selesai mengunduh. Anda bisa menjalankan proses install XAMPP dengan double klik pada file yang baru Anda unduh. Selama proses instalasi mungkin Anda akan melihat pesan yang menanyakan apakah Anda yakin akan menginstalnya. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Install XAMPP

2.2. Pilih Komponen

Selanjutnya akan muncul pilihan mengenai komponen apa saja yang bisa Anda instal. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian penting untuk menjalankan website dan akan otomatis diinstal. Ada beberapa pilihan yang berwarna abu-abu. Ini adalah komponen yang harus diinstal karena dibutuhkan oleh sistem.

Install XAMPP

2.3. Pilih Lokasi Install XAMPP

Silakan pilih folder tujuan dimana XAMPP ingin Anda instal, pada tutorial ini pada direktori E:\xampp-7.

Pilih Folder XAMPP

2.4. Opsi Bitnami

Jika Anda ingin tau lebih jauh tentang Bitnami Anda bisa centang pada pilihan yang tersedia. Jika tidak langsung klik Next.

Bitnami

2.5. Proses Instalasi

Pada langkah ini proses instalasi XAMPP akan dimulai. Silakan klik tombol Next.

Proses Instalasi XAMPP
Proses Instalasi XAMPP

2.6. Proses Instalasi Selesai

Setelah proses install XAMPP selesai, Anda akan diberi opsi untuk langsung menjalankan control panel XAMPP. Klik pada checkbox “Do you want to start the control panel now?” kemudian klik tombol Finish.

Instalasi Selesai

3. Jalankan XAMPP

Silakan buka aplikasi XAMPP kemudian klik tombol Start pada Apache dan MySQL. Jika berhasil dijalankan, Apache dan MySQL akan berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.

XAMPP Control Panel
XAMPP Control Panel

Untuk melakukan pengecekan, silakan akses link berikut melalui browser Anda http://localhost.

Kesimpulan

Setelah install XAMPP sekarang Anda bisa menginstall WordPress di localhost. Keuntungan terbesar menggunakan localhost adalah Anda tidak perlu untuk membeli domain dan hosting untuk mencoba WordPress. Selain itu Anda juga bisa mengembangkan dulu website Anda sebelum memindahkan website ke hosting online.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran mengenai artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada form di bawah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *