Jika Anda sedang ingin membuat website dan bingung mau pakai tema yang mana atau sedang ingin ganti tema WordPress, nah kali ini kami akan mengulas satu tema yang mungkin bisa menjawab segala kebutuhan website Anda, yaitu GeneratePress dan GeneratePress Premium.

Ingin tau kenapa kami merekomendasikan GeneratePress? Ikuti ulasan lengkap kami untuk tau alasannya.

Dengan menggunakan tema GeneratePress ini Anda bisa membuat tampilan website impian dengan mudah. Dan Anda mendapatkan bonus performa website yang luar biasa.

Resume

Apa Itu GeneratePress

GeneratePress Website

GeneratePress atau biasa disingkat menjadi GP adalah tema WordPress gratis yang dibuat oleh Tom Usborne. GP adalah salah satu tema yang sangat populer dan banyak penggemarnya, terutama untuk orang-orang yang mementingkan performa website karena GP memang dirancang untuk performa.

Tema ini sudah didownload lebih dari 3 juta kali dan dipakai di lebih dari 300 ribu website.

GeneratePress ini merupakan tema multipurpose yang bisa digunakan untuk membuat blog, website perusahaan, website portofolio bahkan e-commerce dengan menggunakan plugin woocommerce.

Install GeneratePress

Anda bisa menginstall tema ini seperti tema lainnya yang ada di direktori tema WordPress.

GeneratePress Install
  1. Dari dashboard klik App Appearance > Theme kemudian klik Add New.
  2. Pilih tab popular atau cari GeneratePress di kolom pencarian.
  3. Klik Install kemudian klik Activate.

Kami memiliki tutorial lengkap untuk menginstall atau mengganti tema WordPress.

Free vs Premium

GeneratePress mempunyai dua versi, gratis dan premium.

Versi gratis dari GP sebenarnya sudah cukup untuk user yang baru mulai membuat website. Dibanding dengan menggunakan tema lain yang belum tentu baik performanya, mending pakai GeneratePress. Anda mendapatkan tema yang responsif dengan performa yang luar biasa.

Sedangkan versi premium biasa disebut GeneratePress Premium atau GP Premium memiliki jauh lebih banyak fitur.

Nah, GP premium ini nih yang menjadi idaman bagi para pengguna WordPress. Selain ringan dan stabil, fitur tema premium sangat lengkap untuk kustomisasi setiap bagian website. 

Hampir semua fiturnya bisa diakses dari Customizer hanya dengan beberapa klik.

Jika Anda paham coding, Anda bisa mendapatkan beberapa fitur GP premium di versi gratis dengan menggunakan fitur hook. GP punya dokumentasi yang lengkap untuk menggunakan hook.

Mengapa Harus Pakai GeneratePress Premium?

GeneratePress Premium adalah tema berbayar, tapi tetap disukai oleh banyak pengguna WordPress. Apa sih istimewanya GeneratePress Premium?

1. Performa Terbaik

GeneratePress adalah tema yang Ringan dan Responsif. Hal itu bisa kita cek sendiri kebenarannya. 

Untuk pengetesan performa, kami menggunakan domain presstise.com dan mengaktifkan semua GP Premium modules, dan berikut hasilnya:

GeekFlare
Hasil pengetesan dengan Geekflare
GT Metrix
Hasil pengetesan dengan GTmetrix
Pingdom
Hasil pengetesan dengan Pingdom Tools

Dari hasil pengetesan performa menggunakan Geekflare, GTmetrix dan Pingdom bisa dilihat bahwa performa GeneratePress memang harus diacungi jempol.

Semua nilai untuk pengujian performa di atas 90!

Performa website yang baik bisa memberikan pengalaman yang baik pula bagi pengunjung website. Selain itu dengan website yang punya performa baik dan loading time yang cepat bisa membantu meningkatkan ranking di Google Search.

Apa yang membuat GeneratePress bisa punya performa yang bagus?

  1. Berat tema yang minimal
    GeneratePress hanya menambah ukuran file WordPress tidak sampai 10kB.
  2. Coding yang optimal
    Coding yang optimal membuat page requests menjadi sedikit.
  3. Tidak ada fitur yang mubazir
    GeneratePress tidak memberikan fitur-fitur yang mubazir yang hanya akan membuat tema menjadi berat.

2. Dokumentasi Lengkap

Dokumentasi adalah salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah tema WordPress.

Dokumentasi juga merupakan tujuan pertama ketika ingin mengetahui semua fitur dan tutorial penggunaan fitur-fitur tersebut.

Di bagian ini, GeneratePress adalah salah satu yang terbaik.

Dokumentasi GeneratePress dapat diakses di alamat docs.generatepress.com. Dokumentasinya menjadi 4 kategori, yaitu: General, Customization, Modules dan Developers.

Dokumentasi

Semua modul punya penjelasan yang lengkap dan tutorial penggunaan modul juga dijelaskan dengan sangat lengkap.

Misalnya jika Anda ingin tau tentang Elements, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap apa itu Elements dan bagaimana menggunakan Elements untuk membuat part website.

Dokumentasi

3. Support yang Responsif

Kalau Anda ingin menggunakan tema yang berbayar, pastikan developernya punya tim support yang mumpuni dan responsif.

Buka forum untuk support untuk melihat apakah developernya cukup responsif dan solusi yang diberikan untuk setiap permasalahan.

Versi gratis GeneratePress di WordPress.org memiliki lebih dari 1000 rating bintang 5 dan support untuk tema gratis juga cukup responsif dan solutif.

Jika support untuk versi gratis saja sudah luar biasa tentunya support untuk versi premium tidak perlu dipertanyakan.

Anda bahkan bisa menggunakan Google Search jika ada masalah tentang GeneratePress. Dokumentasi dan forumnya ada di halaman pertama Google.

Sebagai contoh, begini hasil di Google Search ketika Anda ingin menggunakan perticles.js efek untuk mempercantik website.

Search

GP Premium Module

Sebelum melangkah lebih jauh, harap diingat bahwa fitur di tema GP Premium disebut dengan module. Module inilah yang dapat diaktivasi dan dinonaktifkan.

Premium module bisa diaktivasi di Appereance > GeneratePress > Modules > Activate.

GP Module

Beberapa premium module adalah Backgrounds, Blog, Colors, Copyright, Disable Elements, Elements, Menu Plus, Secondary Nav, Sections, Site Library, Spacing, Typography.

1. Backgrounds

Mau pakai foto di background website? Sangat bisa!

Saat sudah mengaktifkan module background, Anda dapat mengaturnya di Customize Background Images

Berikut adalah bagian-bagian yang bisa disetting background-nya, dari header sampai footer. Anda bisa mengatur ukuran, posisi dan lain-lain. Lengkap sekali bukan!

Background Module

2. Blog

Mau punya tampilan blog yang memukau?

GP Premium memberikan Anda kontrol penuh pengaturan setiap post, baik blog arsip maupun single post. 

Untuk pengaturannya dapat Anda temukan di Layout Blog. Disana terdapat opsi kustomisasi yang lengkap. Misalnya, pengaturan excerpt tiap artikel dan masih banyak lagi.

Blog Module

Bisa apa aja sih? 

Anda bisa menyembunyikan atau menampilkan post meta seperti kategori dan tag, setting featured image, lokasi featured image, scroll tak terbatas, menampilkan arsip dalam bentuk kolom, dan masih banyak lainnya.

3. Colors

Sesuai dengan namanya, Anda dapat mengatur opsi warna di website Anda. Caranya, masuk ke Appearance > pilih Colors dan Activate Customize Colors

Color Module

Anda bisa mengatur warna setiap bagian website dengan GP Premium termasuk body, header, navigasi, tombol, konten, footer, widget, dan lain-lain.

Module ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membangun branding bisnis. Karena Anda dapat mengatur warna dominan maupun warna-warna lain pada tiap sudut website.

4. Copyright

Copyright biasanya terletak di bagian paling akhir sebuah footer.

Jika menggunakan tema gratisan, Anda tidak akan bisa mengedit copyright tersebut.

Beda cerita jika memakai GP Premium, Anda dapat mengaktifkan module Copyright. Lalu mengaturnya di Layout Footer Copyright.

5. Disable Elements

Jika di satu page beberapa elements yang tidak dibutuhkan atau ingin dihapus, Anda bisa menonaktifkan element tersebut. Jadi, Anda bisa mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Modul ini bisa dibilang adalah kunci kecepatan tema GeneratePress Premium karena hanya menampilkan elemen yang Anda butuhkan sehingga membuat loading page di website menjadi lebih cepat.

Ada beberapa elements yang dapat dinonaktifkan, seperti gambar di bawah ini.

Disable Element Module

6. Elements

Elements ini bisa dibilang modul paling penting di GeneratePress premium.

Dengan modul elements, Anda dapat mengedit layout website sesuai keinginan. Misalnya, menambahkan hero page, mengatur header, layout dan lain-lain. Tanpa limit!

Caranya sangat mudah, silakan masuk ke menu Appearance > GeneratePressElements Add New Element

Element Module

Ada 4 tipe element yang bisa digunakan, yaitu: Block, Header, Hook, Layout.

  1. Block: Block Element merupakan fitur terbaru dan paling inovatif. Dengan menggunakan Block Element, Anda bisa membuat part website menggunakan Block Editor. Dengan mengkombinasikan dengan GenerateBlocks Anda bisa membuat header, footer hingga sidebar.
  2. Header: Header Element dapat digunakan untuk kustomisasi header. Dengan element ini, Anda bisa menambahkan background image, teks, dll. Element ini masih menggunakan HTML dan CSS untuk membuat Page Hero.
  3. Hook: Fitur paling powerful di GeneratePress Premium adalah Hook Element. Anda dapat menyisipkan element pada area manapun di website dengan mudah.
  4. Layout: Element ini berfungsi untuk mengatur Layout pada post, page, maupun kategori tertentu.

Ketika menggunakan Element, Anda bisa mengatur lokasi Element menggunakan Display Rules. Misalnya Anda bisa mengatur Element untuk ditampilkan di semua lokasi website, hanya di post atau page, atau hanya di kategori tertentu.

7. Menu Plus & Secondary Nav

Module Menu Plus memungkinkan Anda membuat custom navigasi. Misalnya, sticky navigation, off canvas panel, dan lain sebagainya.

Untuk mengaksesnya Anda harus masuk ke menu Customize > Layout.

Masih merasa kurang dengan satu menu? Tenang, Anda mendapatkan tambahan menu sekunder.

8. Sections

Section ini seperti mini page builder. Jika Anda pernah menggunakan page builder seperti Elementor atau Beaver Builder, nah Section ini cara kerjanya sama tetapi dengan beberapa batasan.

Jika Anda menggunakan Classic Editor, modul Section ini sangat membantu untuk membuat desain website.

Tapi dengan update besar WordPress pada Editor yaitu mengganti Classic Editor dengan Block Editor, penggunaan Section ini menjadi kurang bermanfaat.

Untungnya GeneratePress memberikan alternatif yang jauh lebih baik dengan membuat plugin GenerateBlocks yang bisa diinstall secara gratis.

9. Site Library

Ingin mendapatkan tampilan website menarik dengan cepat dan tanpa ribet? Anda bisa mengaktifkan modul Site Library.

Site Library adalah kumpulan demo tema website yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Demo website adalah layout tema siap pakai yang dapat di-import ke website Anda.

Untuk mengaksesnya, Anda pilih menu Appereance > GeneratePress > Site Library.

Site Library

10. Spacing

Jika Anda membangun website dengan HTML, pasti akan sering bertemu dengan pengaturan spacing. Seperti mengatur ukuran element, padding, dan margin di tiap element.

Hal semacam itu tidak akan terjadi karena tema GeneratePress Premium punya module Spacing, sehingga setting bisa dilakukan secara dengan lebih mudah, tanpa coding. 

Setelah mengaktifkan module Spacing terlebih dahulu, pilih opsi Layout > pilih element yang ingin Anda edit, sebagai contoh opsi Header.

Spacing Module

11. Typography

Pada versi gratis, Anda hanya akan menemukan beberapa pilihan font dengan pengaturan yang sangat terbatas. Tetapi pada tema premium Anda akan mendapatkan opsi pengaturan lebih lengkap.

Anda dapat mengatur font sekitar 70 bagian website!

Typography Module

12. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin toko online gratis dan terbaik di WordPress. Fitur-fitur yang dimiliki WooCommerce sudah sangat lengkap untuk sekelas toko online. 

Sebelum menggunakan modul ini, Anda harus mengistall plugin WooCommerce terlebih dahulu. Cara install WooCommerce sama seperti cara install plugin lainnya.

WooCommerce Module

Install GP Premium

Untuk menggunakan GeneratePress Premium Anda harus menginstall GeneratePress karena GP Premium adalah sebuah plugin.

Dan karena plugin premium Anda harus membelinya dari developer. Jangan menggunakan nulled plugin atau plugin yang sudah dimodifikasi agar bisa dipakai tanpa membeli.

Setelah Anda download plugin dalam bentuk zip, kembali ke dashboard WordPress, lalu klik Plugin Add New Upload Plugin > pilih file .zip GP Premium yang telah Anda download sebelumnya dan klik Install Now kemudian Activate Plugin.

Upload GP Premium

Selanjutnya, aktifkan update otomatis.

Di dashboard WordPress, klik Appearance GeneratePress > dan salin License Key pada kolom Updates, lalu Save.

License

Sekarang saatnya mengaktifkan modul premium GeneratePress.

Kesimpulan

Dengan effort yang minimal, Anda mendapatkan website yang ringan dengan performa maksimal.

Premium modulnya membuat Anda bisa melakukan kustomisasi pada semua bagian website, membantu Anda mendapatkan tampilan website impian.

Site Library membantu mempercepat membuat desain website. Ada cukup banyak pilihan tampilan website menarik yang bisa digunakan dengan beberapa klik.

Anda tidak akan rugi mengeluarkan sejumlah uang untuk performa website lebih optimal dan support yang luar biasa.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *