Minggu ini ada kabar gembira di komunitas WordPress. StudioPress mengeluarkan pengumuman besar yang mereka sebut Announcing Big changes to StudioPress!

Perubahan besar yang dimumumkan oleh StudioPress mulai berlaku tanggal 8 Juni 2021. Salah satu isi dari perubahan besar tersebut adalah Genesis Framework akan bisa diunduh secara gratis. Kabar ini tentunya sangat menggembirakan.

Dengan bisa diunduh secara gratis tentunya tema ini bisa menjadi semakin populer kedepannya.

Apa itu Genesis Framework

Genesis Framework mungkin adalah framework yang paling populer di WordPress. Framework ini juga mungkin yang menjadikan model parent theme – child theme sangat populer.

Apa sih yang bikin Genesis ini menjadi favorit banyak developer WordPress? Dan kenapa menggunakan kata framework di namanya?

Bagi pengguna baru WordPress mungkin belum tau apa itu Genesis Framework. Genesis Framework adalah sebuah kumpulan library yang dibuat dengan tujuan untuk mempercepat pembuatan sebuah tema WordPress. Tujuan digunakannya Genesis Framework ini adalah sebagai pondasi untuk sebuah tema. Semua fungsi yang diperlukan untuk menjalankan website ada di framework dan untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan Anda harus menggunakan child theme.

Dengan menggunakan child theme, semua tampilan website Anda tidak akan hilang ketika ada update dari developer framework. Anda mendapatkan keuntungan disini karena tidak perlu lagi melakukan pengaturan tampilan saat Anda update tema.

Genesis Framework adalah salah satu tema yang sangat aman, karena pengembangnya sering menggunakan jasa praktisi keamanan website untuk mengaudit tema yang mereka buat. Dan juga tema ini sangat SEO friendly.

Banyak sekali para expert di bidang WordPress yang memuji performa dari Genesis Framework ini. Dan banyak sekali developer WordPress yang merekomendasikan tema ini.

Genesis Framework

Genesis Dapat Diunduh Gratis

Genesis Framework and the Sample Theme will be available for free. Anyone wanting access to Genesis Framework & Sample Theme in the future will be able to simply add your email address on the download form to download and be notified of future updates for FREE.

Salah satu isi pengumuman yang dirilis oleh StudioPress adalah Genesis Framework akan tersedia secara gratis. Ini tentunya menjadi kabar gembira yang langsung disambut baik oleh komunitas WordPress. Selain itu, hal ini juga bisa menambah basis pengguna Genesis Framework.

Hal lain yang juga diumumkan adalah ditiadakannya biaya yang dibebankan untuk user yang menjual tema melalui marketplace StudioPress.

Selain itu, diumumkan juga bahwa semua child theme yang dibuat oleh StudioPress tidak lagi dijual selain 10 tema yang paling populer.

Alternatif Genesis

Apakah Ayo Bikin WordPress merekomendasikan Genesis? Jika Anda suka dang memiliki pengetahuan tentang coding, maka Genesis akan cocok dengan Anda. Tapi jika Anda ingin tema yang lebih mudah digunakan maka gunakan alternatif berikut ini:

1. Kadence Theme

Kadence adalah tema yang relatif baru jika dibandingkan dengan Genesis. Tapi tema ini mempunyai basis penggemar yang cukup banyak karena fitur yang dimiliki dan kemudahan penggunaannya.

Selain mudah digunakan, tema ini juga ringan, inovatif, dan punya performa yang bagus. Bahkan versi gratis tema ini memiliki fitur yang biasanya hanya ada di tema-tema premium.

Salah satu fitur yang paling kami sukai di Kadence adalah Header dan Footer Builder. Dengan fitur tersebut Anda bisa membuat header dan footer dengan mudah.

Kadence Header Builder
Header dan Footer builder

2. GeneratePress

GeneratePress punya fokus yang sama dengan Genesis. Kedua tema ini fokus dengan performa. GeneratePress sangat cocok jika Anda ingin performa sebagus Genesis tapi lebih mudah digunakan.

GeneratePress lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Genesis jika Anda hanya mengetahui sedikit tentang coding.

GT Metrix
Performa GeneratePress

Penutup

Tentunya pengumuman yang dirilis oleh StudioPress disambut baik oleh komunitas WordPress. Hal ini tentu juga akan berimbas baik ke StudioPress sebagai developer Genesis Framework. Dengan membuat Genesis menjadi gratis maka tentunya akan lebih banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya dan ini juga akan meningkatkan peluang pengguna Genesis untuk membeli child theme premium dari StudioPress.

Jika Anda merasa belajar menggunakan Genesis itu sulit, Anda bisa menggunakan Kadence Theme. Btw, Ayo Bikin Website dibuat menggunakan Kadence lho.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *