Salah satu elemen penting dalam membuat website yang berbasis WordPress adalah tema karena kesan pertama yang ditampilkan oleh website adalah dari tema yang Anda pakai.

Cukup penting untuk memilih tema yang mudah digunakan, ringan, inovatif, dan punya performa yang bagus. Selain itu perlu dipertimbangkan juga untuk memilih tema yang kompatibel dengan plugin yang digunakan.

Salah satu tema yang memenuhi persyaratan itu adalah Kadence theme. Kadence dapat dipakai secara gratis dan memberikan banyak fitur yang biasa ditemui di tema premium yang berbayar.

Mari kita lihat apakah Kadence memang salah satu yang terbaik.

Resume

Install Kadence Theme

Kadence adalah tema yang bisa digunakan secara gratis dan ada di direktori tema WordPress. Anda bisa install langsung dari dashboard.

Install Kadence
  1. Dari dashboard klik App Appearance > Theme kemudian klik Add New.
  2. Pilih tab popular dan cari Kadence.
  3. Klik Install kemudian klik Activate.

Kami mempunyai tutorial lengkap cara install dan mengganti tema.

Kadence Starter Templates

Setelah mengaktifkan Kadence, ada pemberitahuan tentang starter templates yang bisa dipakai.

Kadence Starter Templates

Anda bisa memilih template untuk mempercepat pembuatan desain karena Anda tidak harus memulai dari nol. Dan Anda masih bisa memodifikasi template tersebut agar lebih sesuai dengan yang Anda harapkan.

Starter template yang ditawarkan memang belum begitu banyak saat ini, tetapi kedepannya akan ada lebih banyak template yang bisa digunakan.

Fitur-Fitur Kadence Theme

Kadence adalah tema yang bisa dipakai dengan gratis, tapi bukan berarti karena gratis menjadi miskin fitur. Justru fitur yang ada di Kadence biasanya hanya ditemui di tema yang berbayar.

Untuk mengakses fitur-fiturnya bisa dengan mengakses melalui Appearance > Customize dari dashboard.

Perubahan yang Anda lakukan di Customizer akan terlihat secara real-time, sehingga memudahkan untuk mengedit tampilan website.

Kadence Options

Paragraf

1. Global Color Palette

Pada bagian Colors di tab General, Anda akan menemukan opsi Global Palette dimana Anda bisa memilih warna yang akan diaplikasikan ke desain website.

Kadence mempunyai dokumentasi yang lengkap tentang Global Color Palette.

Kadence Palette

Ada 9 warna pada palet yang dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah accent colors, yang kedua adalah warna font dengan 4 variasi warna dan yang ketiga adalah warna background website. Warna accent adalah yang paling penting karena yang akan digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Warna accent juga bisa digunakan untuk warna teks dengan link.

2. Header Builder

Salah satu fitur paling menarik dari Kadence theme adalah Header Builder. Masih sangat jarang tema gratis yang punya fitur ini. Anda dapat dengan mudah menambahkan logo, kolom pencarian, tombol navigasi, hingga social media icon.

Ada tiga baris header yang bisa Anda kustomisasi, top header, main header, dan bottom header. Setiap baris memiliki pengaturan yang terpisah. Anda bisa mengubah warna background masing-masing baris.

Kadence Header Builder

Untuk menambahkan elemen, Anda hanya perlu menarik elemen dari sisi kiri layar atau klik pada salah satu bagian header. Setiap elemen mempunyai pengaturan tersendiri yang bisa diakses dengan klik pada icon gear.

3. Footer Builder

Selain Header Builder, Kadence juga memiliki Footer Header.

Sama seperti header, Kadence theme membagi footer menjadi tiga bagian. Bagian atas, tengah, dan bawah. Baris atas dan tengah terbagi menjadi tiga bagian sedangkan bagian bawah hanya ada satu bagian.

Kadence Footer Builder

Jumlah kolom yang ada pada tiap baris dapat diubah jika diperlukan. Anda bisa menambah jumlah kolom sampai dengan maksimal lima kolom tiap baris.

Ini adalah cara yang sangat mudah dan efektif untuk membuat desain header dan footer. Tanpa perlu belajar coding Anda bisa membuat header dan footer yang menarik dalam waktu singkat.

4. Layout Builder

Kadence memberikan Layout Builder pada versi gratis. Ini fitur yang cukup jarang ditemui di tema gratis. Dan fitur layout builder yang diberikan Kadence cukup lengkap.

Dengan menggunakan layout builder ini Anda dapat membuat desain post, page, arsip dengan mudah.

Title Layout

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan atau menyembunyikan judul artikel. Dan jika Anda memutuskan untuk menampilkan judul artikel, Anda mendapatkan beberapa opsi tambahan, seperti Anda bisa membuat judul artikel rata kiri, rata kanan atau di tengah-tengah konten.

Kadence Page Layout

Page Layout

Kadence theme memberikan 5 pilihan layout untuk konten Anda. Anda bisa menggunakan layout normal, narrow, fullwidth, left sidebar, dan right sidebar.

Anda juga bisa mengatur bagaimana menampilkan featured image. Ada pilihan untuk menampilkan featured image di atas dan di bawah judul. Anda bahkan bisa menggunakan featured image sebagai background judu artikel.

5. Integrasi dengan Plugin Lain

Kadence dapat diintegrasikan dengan plugin-plugin populer. Jika Anda menggunakan tema Kadence dan plugin seperti WooCommerce, Elementor, LearnDash Anda mendapatkan pengaturan ekstra seperti layout builder untuk plugin tersebut. Dan Anda mendapatkannya dengan versi gratis dari Kadence theme.

Kadence Integration

Performa dari Kadence Theme

Segala fitur yang diberikan Kadence akan menjadi sia-sia jika performanya tidak bagus, coding-nya tidak optimal, dan ukuran file website menjadi besar.

Tes performa yang digunakan adalah Pingdom. Tes performa menggunakan fresh install WordPress tanpa tambahan plugin apapun. Dan hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Kadence Performance

Ukuran websitenya hampir sama dengan tema default yang digunakan WordPress tetapi fitur Kadence jauh lebih banyak. Load time juga cepat, dibawah 1 detik. Test server adalah di Tokyo sedangkan server yang dipakai ada di Jakarta.

Dengan jumlah request yang sedikit dapat dikatakan bahwa optimasi yang dilakukan Kadence theme ini sangat baik.

Kesimpulan

Kebanyakan tema WordPress gratis performanya tidak cukup baik, entah itu jumlah request yang banyak, lambat, ataupun ukuran website menjadi cukup besar dan miskin fitur. Banyak fitur yang hanya diberikan jika membeli versi pro yang berbayar.

Berbeda dengan Kadence yang memberikan cukup banyak fitur seperti haeder dan footer builder, layout builder dan integrasi dengan plugin lain di versi gratisnya. Anda tidak perlu membeli versi pro untuk membuat website karena versi gratisnya sudah sangat mencukupi.

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, Kadence tidak mengorbankan performa. Karena coding yang dioptimasi dengan baik, jumlah request menjadi sedikit, ukuran website juga kecil sehingga loading time pun cepat.

Ayo Bikin Website menggunakan Kadence theme karena memang ini adalah tema terbaik. Berikut hasil test Ayo Bikin Website yang menggunakan Kadence theme.

Ayo Bikin Website

Apakah Anda sedang ingin mengganti tampilan website? Tidak ada salahnya untuk mencoba semua yang ditawarkan oleh Kadence. Anda bisa mendapatkan tampilan website yang menarik dan performa yang baik dengan Kadence.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *