Jika Anda ingin membuat sticky sidebar atau hanya widget terakhir di sidebar, Anda bisa melakukannya di Kadence theme tanpa menggunakan plugin.

Dan untuk melakukannya Anda hanya perlu satu klik saja.

Anda tidak salah baca, membuat widget di sidebar menjadi sticky di Kadence theme memang bisa dilakukan dengan satu klik, dan tanpa menambah kode CSS.

Developer beberapa tema mungkin akan menyarankan Anda menginstal plugin seperti Q2W3 Fixed Widget atau WP Sticky Sidebar ketika Anda menanyakan tentang membuat sticky widget pada tema yang mereka buat.

Tidak ada yang salah memang dengan menginstal plugin, tetapi menambah plugin untuk sesuatu yang sederhana sepertinya berlebihan.

Kadence menggunakan CSS untuk membuat widget menjadi sticky. Dengan memilih menggunakan CSS dibanding dengan javascript, Kadence bisa tetap mempertahankan kecepatan dan performa yang selama ini dikenal.

Jika Anda belum menggunakan Kadence, Anda bisa membaca review lengkap Kadence theme agar Anda bisa lebih tau semua keunggulan Kadence.

Membuat Sticky Sidebar

Membuat sidebar sticky cukup mudah dilakukan. Anda perlu membuka WordPress Customizer dan memilih menu General > Sidebar.

Setelah Anda masuk ke menu tersebut, Anda bisa menemukan tombol “Enable Sticky Sidebar”. Klik tombol tersebut dan semua sidebar yang Anda buat akan menjadi sticky. Ketika pengunjung website Anda scroll kebawah posisi widget Anda di sidebar akan tetap pada posisi awal.

Saat ini cukup sulit menemukan tema selain Kadence yang memberikan fitur sticky sidebar ini.

Jika Anda menggunakan fitur ini, pastikan sidebar Anda tidak terlalu panjang. Jika sidebar Anda panjang maka akan ada scroll bar di sidebar.

Jika sidebar Anda panjang Anda bisa menggunakan fitur lain yang ditawarkan Kadence, yaitu hanya membuat widget terakhir sticky.

Membuat Widget Terakhir Sticky

Fitur ini tidak membuat sticky sidebar untuk semua widget tapi hanya widget terakhir di sidebar.

Fitur ini bisa digunakan jika Anda hanya ingin widget terakhir yang tetap diposisinya ketika pengunjung melakukan scroll halaman website kebawah.

Opsi ini akan muncul setelah Anda mengaktifkan fitur sticky widget. Klik pada tombol Only Stick Last Widget untuk mengaktifkannya.

Fitur ini sangat memudahkan pengguna jika ingin membuat widget terakhir menjadi sticky. Hanya perlu satu klik tanpa perlu tambahan CSS.

Kesimpulan

Kadence memang selalu memberikan fitur-fitur yang menarik. Salah satunya adalah membuat sticky sidebar. Adanya fitur ini membuat Anda bisa mengurangi satu instalasi plugin.

Penggunaannya yang cukup mudah menambah satu nilai plus untuk Kadence. Selain itu Anda memiliki dua opsi untuk sticky sidebar, membuat sticky semua sidebar atau hanya widget terakhir di sidebar.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

4 Comments

    1. Kadence theme versi gratis ada fitur sticky sidebar.
      Kalo pake versi wordpress gratis dari wordpress.com tidak bisa install tema sendiri dan tidak bisa install plugin.
      Mending pakai wordpress di hosting sendiri.
      Ini tutorial install wordpress di hosting sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *