Apakah Anda pernah memindahkan website dari satu layanan penyedia hosting ke penyedia hosting lain? Ada cukup banyak alasan yang bisa membuat kita ganti layanan hosting. Mungkin ada yang memberikan harga yang lebih murah, atau website sering tidak bisa diakses.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat mengikuti cara migrasi WordPress yang disediakan disini. Agak cukup merepotkan jika Anda mengikuti langkah-langkah yang ada disitu.

Jika Anda ingin mencoba sendiri, ada cara yang lebih mudah untuk memindahkan website, baik itu dari offline ke online ataupun dari satu hosting ke hosting lain. Yaitu menggunakan plugin Duplicator.

Untungnya banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan jasa migrasi gratis jika Anda menggunakan layanan mereka. Dan kita hanya tinggal terima beres.

Tapi bagaimana jika Anda membuat website secara offline di komputer pribadi sebelum Anda upload ke agar bisa online. Atau Anda ingin membuat duplikat website Anda di komputer pribadi agar bisa Anda kustomisasi lebih lanjut tanpa membuat website Anda bermasalah. Sepertinya jarang atau bahkan tidak ada penyedia hosting yang memberikan pelayanan seperti itu.

Duplicator

Dengan menggunakan plugin Duplicator Anda bisa membuat duplikasi website dan mengaktifkannya di hosting atau di komputer pribadi. Cara lengkap untuk menginstall plugin dapat dilihat di halaman ini.

Resume

Duplicator sangat membantu untuk memindahkan website dari satu hosting ke hosting lain atau dari komputer pribadi ke suatu layanan hosting.

Proses migrasi dibantu dengan wizard/panduan yang cukup mudah dipahami dan diikuti. Dan Anda tidak perlu menginstall WordPress lagi di hosting baru, karena ada plugin migrasi yang mengharuskan menginstall WordPress di hosting baru sebelum memindahkan semua data.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus membuat database terlebih dahulu di hosting baru. Namun jika Anda menggunakan versi pro, pembuatan database dan user bisa dilakukan otomatis.

Berikut penjelasan dan review lengkap mengenai plugin Duplicator.

Fitur Utama Duplicator

Masalah yang sering dihadapi ketika memindahkan website adalah error pada database import dan export dan file path. Dan butuh waktu yang lumayan lama untuk memindahkan semua file secara manual.

Disinilah letak kelebihan yang ditawarkan Duplicator. Dengan menggunakan plugin ini Anda tidak perlu membuat daftar tentang apa yang harus dilakukan untuk memindahkan website dan memindahkan file secara manual.

Hal menarik lainnya adalah plugin ini gratis.

Dupicator adalah sebuah plugin migrasi WordPress yang sangat powerful. Dengan menggunakan plugin ini Anda bisa:

  • Memindahkan website antar domain atau hosting dengan zero downtime.
  • Membuat copy website ke localhost jika Anda mau mengganti tampilan atau menambah fitur sehingga tidak mempengaruhi website Anda yang sedang online.
  • Memindahkan WordPress tanpa perlu menginstall dan melakukan konfigurasi ulang.
  • Memindahkan semua file (termasuk gambar), tema, dan plugin.
  • Anda bisa membuat backup website Anda dalam satu file, sehingga mudah untuk dicopy ke tempat lain.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada versi gratis adalah:

1. Backup Files & Database

Dengan menggunakan Duplicator, selain Anda dapat memindahkan website Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat backup website Anda. Semua file yang ada di website dan database bisa dibackup. Versi gratis plugin ini hanya menawarkan manual backup. Tapi tentunya hal ini tidak masalah karena fungsi utamanya yaitu memindahkan website tetap bisa digunakan secara penuh di versi gratis.

2. Directory Filters

Dengan adanya fitur directory filters ini, Anda bisa memilih file dan direktori yang mau dipindahkan. Jika Anda rasa ada direktori yang tidak terlalu penting Anda punya opsi untuk tidak memasukkan direktori tersebut.

3. Database Table Filters

Fitur ini hampir sama dengan directory filters. Pada database table filters ini Anda dapat memilih database mana yang ingin dibackup atau dipindahkan.

4. Migration Wizard

Migration wizard ini adalah fitur utama duplicator. Fitur ini memudahkan Anda untuk memindahkan website hanya dengan beberapa klik. Semua dilakukan secara otomatis hanya dengan klik tombol yang tersedia. Wizard ini mirip dengan proses instalasi software di Windows sehingga sangat mudah dipahami. Jika Anda menggunakan versi pro dari duplicator, Anda bisa membuat database di hosting baru dari wizard.

Duplicator Wizard

Kemudahan Penggunaan

Plugin ini cukup mudah digunakan, terutama dengan adanya fitur migration wizard. Anda akan mendapatkan panduan cara membuat backup dan memindahkan ke tempat yang baru.

Dengan menggunakan duplicator Anda tidak perlu menginstall WordPress di hosting baru untuk memindahkan website Anda. Anda hanya perlu mengikuti panduan dari migration wizard dan website Anda bisa langsung online.

Duplicator membuat backup dalam satu file yang disebut package. Semua file dan database website Anda disimpan dalam package. Hal ini sangat memudahkan bagi user karena hanya perlu satu file untuk diupload.

Untuk memindahkan website pun cukup mudah dilakukan. Setelah package diupload ke hosting baru, Anda perlu upload file installer.php di tempat yang sama dengan package dan jalankan installer tersebut. Setelah itu Anda hanya perlu 4 langkah agar website Anda online.

Secara keseluruhan, duplicator mempermudah Anda untuk memindahkan atau membuat backup website. Pengguna yang baru memulai membuat website akan mudah menggunakan plugin ini karena adanya migration wizard.

Tetapi masih ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu Anda masih harus membuat database secara manual jika Anda menggunakan versi gratis.

Duplicator vs Duplicator Pro

Versi gratis dari Duplicator sudah sangat mencukupi jika Anda hanya ingin membuat backup keseluruhan website atau memindahkan website Anda. Jika Anda menginginkan fitur lebih, ada versi pro yang punya jauh lebih banyak fitur. Dengan versi pro Anda bisa mengintegrasikan package dengan cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, dan lainnya.

Berikut fitur fitur yang ada pada versi pro:

  • Drag and drop installs
    Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengganti keseluruhan website Anda dengan package yang Anda simpan dari dashboard WordPress.
  • Scheduled backups
    Versi pro dari plugin Duplicator mempunyai fitur untuk membuat backup secara otomatis dengan waktu yang dapat Anda tentukan sendiri. Misalnya tiap hari atau tiap minggu sekali.
  • Cloud storage
    Dengan mengintegrasikan plugin Duplicator dengan cloud storage, Anda dapat menyimpan hasil backup di Google Drive, Dropbox ataupun Microsoft OneDrive. File backup Anda menjadi lebih aman dan hosting Anda tidak penuh untuk menampung hasil backup
  • Create database and user
    Anda tidak perlu lagi membuat datanase dan user secara manual. Hal ini bisa dilakukan dari installer
  • Search and replace
    Jika Anda membuat website di localhost kemudian memindahkannya ke hosting maka link yang Anda buat perlu disesuaikan. Search and replace diperlukan untuk mengganti url tersebut.
  • Larger site support
    Duplicator pro dapat digunakan untuk memindahkan website dengan ukuran hingga 100 GB
  • Multisite network
    Jika Anda menggunakan fitur multisite di WordPress maka Anda perlu menggunakan versi pro jika ingin memindahkan website.

Kesimpulan

Dengan menggunakan plugin Duplicator, memindahkan website menjadi mudah dilakukan. User interface yang sederhana dan adanya migration wizard sangat membantu untuk pengguna pemula untuk menggunakan plugin ini.

Berikut kesimpulan dari plugin Duplicator versi gratis.

Kelebihan

  • Tidak perlu menginstall WordPress
  • Ada wizard yang membantu proses migrasi
  • Mudah didistribusikan karena hanya 1 file backup dan 1 installer

Kekurangan

  • Masih perlu membuat database dan user
  • Tidak bisa backup ke cloud storage

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *