Permalink

Anda mungkin sudah mengenal istilah URL. Uniform Resource Locator atau yang biasa dikenal dengan URL bisa disebut sebagai alamat website.

Selain URL ada salah satu istilah yang tidak kalah penting untuk diketahui di dalam website. Istilah itu adalah permalink.

Nah daripada bingung Ayo Bikin Website akan membahas mengenai apa itu permalink, fungsi permalink, dan cara setting permalink SEO friendly.

Yuk kita bahas semua tentang permalink.

Apa itu Permalink?

Anda mungkin sudah mengetahui mengetahui apa itu URL. Bagi yang belum tau, URL merupakan kepanjangan dari Uniform Resource Locator atau umumnya disebut alamat website.

Contohnya ketika Anda mengakses Ayo Bikin Website maka akan mendapatkan URL https://www.ayobikinwebsite.com, nah itu adalah contoh dari URL.

Ketika Anda mengakses halaman lain pada Ayo Bikin Website, maka Anda akan mendapatkan URL Permalink yang unik sesuai dengan halaman yang dibuka.

Permalinks are the permanent URLs to your individual weblog posts, as well as categories and other lists of weblog postings.

wordpress.org

Permalink atau permanent link adalah URL yang mengarah pada suatu halaman website.

Sebagai contoh alamat https://www.ayobikinwebsite.com/blog adalah URL permalink. Tambahan /blog inilah yang disebut permalink.

Kebanyakan platform blogging modern memiliki jenis link ini untuk menampilkan konten.

WordPress juga memiliki struktur permalink  yang dapat diatur. Adanya permalink membuat pemilik website jadi lebih mudah mengidentifikasi setiap konten yang dibuat.

Di sisi lain, hal ini juga memudahkan user untuk mengunjungi suatu halaman.

Fungsi Permalink

Fungsi utama dari permalink adalah untuk memudahkan masuk pada halaman atau post dari sebuah website. Untuk itu sebaiknya jangan membuat permalink terlalu panjang dan buatlah permalink yang mudah diingat.

Misalnya jika ingin membuat konten tentang permalink, maka permalink /apa-itu-permalink adalah salah satu contoh yang cukup baik. Tidak terlalu panjang dan mudah diingat.

Jadi URL konten tersebut adalah www.domain-anda.com/apa-itu-permalink.

Terlepas dari semua itu, permalink juga membantu website agar mudah diindeks oleh Google.

Dengan memberikan permalink yang mengandung keyword, maka Google bisa mengetahui relevansi dari halaman tersebut. Untuk itu gunakan keyword-keyword pada setiap halaman menjadi nama permalink agar lebih mudah ditemukan oleh Google.

Pengaturan Permalink SEO Friendly di WordPress

Jika Anda tidak mengubah setingan permalink, maka WordPress akan memberikan permalink seperti ini:

http://www.domain-anda.com/?p=123

Dengan menggunakan permalink seperti itu, Google bisa menemukan konten Anda dan memahami isinya. Tetapi permalink tersebut tidak mengambarkan apa isi dari halaman tersebut. Dan jika Anda membagikan permalink tersebut di media sosial, sedikit kemungkinan ada yang mau membukanya.

Bandingkan dengan permalink berikut:

http://www.domain-anda.com/apa-itu-permalink

Dengan hanya melihat permalink tersebut Anda pasti sudah bisa menebak bahwa isi postingan di alamat tersebut membahas tentang permalink.

Untungnya mengubah struktur permalink di WordPress cukup mudah dilakukan. Berikut cara mengubah setingan permalink di WordPress:

1. Login ke Dashboard WordPress

Untuk bisa mengganti setingan permalink Anda harus login terlebih dahulu sebagai Administrator.

Login WordPress

2. Masuk ke Halaman Permalink

Di dashboard WordPress pilih menu Settings > Permalinks yang ada di menu bagian kiri.

Menu Permalink

3. Pilih Setingan Permalink

Ini adalah tampilan halaman setingan permalink. Ada beberapa setingan yang bisa digunakan.

Apa itu Permalink

Keterangan:

  • Plain
    Permalink versi standar WordPress.
  • Day and name
    Struktur permalink ini akan menampilkan tanggal secara lengkap sebelum judul post.
  • Month and name
    Struktur ini mirip dengan day and name, tapi tidak menyertakan tanggal. Hanya ada tahun dan bulan sebelum judul post.
  • Numeric
    Setingan ini menampilkan angka (ID post) sebagai permalink.
  • Post name
    Judul post akan dijadikan permalink jika opsi struktur permalink ini dipilih.
  • Custom Structure
    Jika Anda tidak cocok dengan opsi yang disediakan WordPress, Anda bisa memilih opsi ini dan membuat permalink berdasarkan kebutuhan.
http://www.domain-anda.com/2021/01/01/post-name

Jika Anda membuat website berita dengan artikel yang dirilis setiap hari, maka struktur permalink dengan day and name seperti di atas menjadi pilihan yang baik.

Tapi jika website Anda bukan website berita pilihat terbaik adalah menggunakan struktur permalink post name. Struktur ini memiliki keuntungan jika Anda membagikan permalink ke media sosial. Karena permalink yang digunakan menggambarkan isi konten kemungkinan link itu diklik akan lebih besar. Struktur permalink post name akan terlihat seperti berikut:

http://www.domain-anda.com/post-name

Selain menggunakan post name, Anda juga bisa menambahkan kategori sebelum judul post jika Anda ingin permalink Anda memperlihatkan struktur konten di website Anda.

http://www.domain-anda.com/category/post-name

4. Simpan Setingan

Jangan lupa untuk klik tombol Save Changes yang ada di paling bawah halaman pengaturan permalink.

Tips Membuat Permalink

Permalink adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik, jika ingin menembus halaman pertama Google.

Setelah mengetahui betapa pentingnya permalink dalam sebuah website, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana caranya agar permalink bisa SEO-friendly.

1. Singkat dan Deskriptif

Permalink yang singkat dan deskriptif lebih memudahkan untuk diingat oleh pengunjung website. Salah satu cara yang paling sering digunakan di WordPress adalah membuat judul post menjadi permalink.

Setidaknya, gunakan permalink menggambarkan isi dari keseluruhan konten.

2. Mengandung Keyword

Permalink dapat memudahkan Google dalam mengindeks website. Dengan memberikan keyword pada permalink, maka Google bisa mengetahui relevansi dari halaman tersebut. Google akan mudah menemukan konten Anda saat ada pengguna yang mencari keyword yang berkaitan dengan konten Anda.