Belajar WordPress

Saat ini website telah menjadi salah satu identitas bagi perusahaan atau seseorang di dunia digital atau online. Dan salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website adalah WordPress. Bagi orang yang sedang belajar membuat website, WordPress adalah pilihan terbaik.

Yang membuat WordPress menjadi pilihan terbaik untuk belajar membuat website karena fitur-fitur yang dimilikinya, kemudahannya, dan yang paling penting adalah WordPress gratis.

Dengan menggunakan WordPress dalam 5 menit Anda sudah mempunyai website.

Ayo Bikin Website membuat modul tutorial WordPress untuk membantu Anda belajar dasar-dasar pembuatan website dengan WordPress, mengganti tema agar lebih sesuai dengan isi website, hingga menambah fungsionalitas dengan menggunakan plugin.

Apa itu WordPress

WordPress adalah sebuah perangkat lunak open source yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web yang menarik, blog, atau aplikasi.

– id.wordpress.org

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS), hal ini berarti dengan WordPress dapat digunakan untuk mengelola website tanpa perlu mengetahui bahasa program. Hal inilah yang membuat WordPress mudah untuk digunakan bahkan oleh orang yang tidak pernah belajar pemrograman.

Banyak website terkenal yang dibuat menggunanan WordPress, antara lain: Rolling Stone, Forbes, hingga majalah time. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk daftar lengkapnya bisa dilihat disini.

Saat ini sudah banyak cara untuk membuat website selain menggunakan WordPress, ada Wix, Medium, Blogger dan lainnya. Tetapi berdasarkan W3Techs, saat ini 39% website dibuat menggunakan WordPress. Dan jika spesifik untuk CMS, persentase yang menggunakan WordPress mencapai 64%.

Apa Yang Membuat WordPress Menjadi Populer?

WordPress menjadi sangat populer karena sangat mudah digunakan, selain itu juga gratis. Berikut ini adalah beberapa keunggulan WordPress sebagai platform pembuatan website:

  1. WordPress adalah sebuah software open source yang bisa didapatkan dengan gratis di wordpress.org. Lisensi WordPress adalah GPL yang berarti WordPress bukan milik perorangan atau perusahaan tertentu.
  2. WordPress sangat mudah digunakan. Jika Anda bisa menggunakan Microsoft Word maka Anda juga bisa menggunakan WordPress
  3. WordPress juga mudah dipelajari. Anda tidak perlu tahu bahasa pemrograman. Dan dengan menggunakan WordPress Anda tidak perlu memulai dari nol untuk membuat sebuah website.
  4. WordPress sangat fleksibel dan mudah dimodifikasi. Dengan menggunakan WordPress Anda bisa membuat website dengan tampilan yang sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Ada banyak tema yang bisa dipilih. Hanya dengan klik tombol tampilan website dapat diubah.
  6. Fungsionalitas website Anda dapat ditambah dengan menggunakan plugin. Ada ribuan plugin gratis yang bisa Anda tambahkan ke website Anda dengan mudah.
  7. WordPress mempunyai basis komunitas yang sangat besar. Kesulitan yang Anda temui kemungkinan besar pernah dialami orang lain dan akan sangat mudah ditemukan solusinya di internet.

Selain dapat mencari tutorial di internet, Anda juga bisa menemukan berbagai tutorial WordPress di Ayo Bikin Website.

Website Apa Saja Yang Bisa Dibuat Dengan WordPress?

Pada awal kemunculannya, WordPress digunakan untuk membuat blog. Dengan perkembangan masif pada WordPress dan ekosistemnya, terutama plugin yang ada, saat ini Anda dapat menggunakan WordPress untuk membuat berbagai macam tipe website.

Jika Anda ingin membuat blog atau company profile perusahaan yang sederhana, Anda dapat melakukannya dengan mudah bahkan tanpa menambah plugin.

Dengan memasang plugin WooCommerce, Anda sudah mempunyai toko online sendiri.

Berikut beberapa contoh website yang dapat Anda buat menggunakan WordPress:

  • Website bisnis/company profile
  • Toko online
  • Blog
  • Portofolio
  • Forum

WordPress.org dan WordPress.com

Jika Anda mengetikkan kata WordPress di Google search akan didapatkan dua hal mengenai WordPress, yaitu:

  • WordPress.com
  • WordPress.org

Ada kemungkinan Anda menilai bahwa dua hal tersebut adalah sama, tetapi faktanya bukan seperti itu. Secara singkat perbedaannya adalah sebagai berikut:

  • WordPress.com adalah sebuah platform komersial, walaupun ada juga layanan gratis yang ditawarkan, namun sangat terbatas.
  • WordPress.org atau biasa disebut self-hosted WordPress adalah sebuah software open source yang bisa dipakai di web hosting. Dan ini yang dibahas dalam modul WordPress ini.

Jika Anda ingin tau lebih banyak perbedaan kedua platform tersebut klik disini.

Ayo Bikin Website!

Setelah sedikit pendahuluan tentang WordPress, ayo kita mulai bikin website!

Di Ayo Bikin Website Anda dapat menemukan tutorial lengkap pembuatan website mulai dari instalasi sampai website Anda bisa diakses oleh orang dari seluruh dunia.

Proses pertama dalam pembuatan website dimulai dari instalasi WordPress. Modul instalasi WordPress dapat dilihat disini atau klik pada tombol di bawah.