Instalasi WordPress

Instalasi WordPress sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bahkan bisa dilakukan dalam 5 menit. Tapi ternyata masih ada yang tidak tau bagaimana cara install WordPress.

Kemungkinan besar yang menyebabkan hal itu adalah karena tidak ada panduan instalasi berbahasa Indonesia resmi dari WordPress.org.

Untuk itu Ayo Bikin Website menyediakan langkah-langkah dari awal yang bisa Anda ikuti sekarang juga untuk membuat website dengan WordPress.

Menyewa Hosting dan Domain

Anda pasti bertanya-tanya sekarang, “katanya WordPress gratis kok harus mengeluarkan uang untuk menyewa hosting dan domain”, “apa itu hosting dan domain”.

Memang software WordPress itu gratis, tapi website anda butuh untuk ditaruh di suatu tempat agar bisa diakses lewat internet. Nah hosting itu adalah tempat untuk menaruh website Anda. Anda bisa menaruh website Anda di komputer atau laptop sendiri, tapi hal itu membuat website Anda tidak bisa diakses dari internet. Dan untuk membuatnya bisa diakses membutuhkan usaha yang cukup sulit. Belum lagi jika nanti listrik padam, website yang sudah kita setting dengan susah payah malah jadi tidak bisa diakses.

Dengan menyewa hosting kita tidak perlu direpotkan dengan hal-hal semacam itu. Dan biaya sewa hosting sekarang ini cukup murah. Ada yang 20 ribu rupiah sebulan (bahkan ada yang 10 ribu), dan bisa lebih murah jika sewa tahunan. Dan setelah Anda membayar sewa baik itu sebulan atau setahun hosting yang Anda langsung siap dipakai.

Sedangkan domain adalah alamat untuk mengakses hosting yang Anda. Untuk mengakses website Anda, orang akan mengetik nama domain Anda pada browser. Contohnya nama domain yang dipakai Ayo Bikin Website adalah ayobikinwebsite.com.

Rekomendasi Hosting

Ada banyak penyedia hosting dan domain jika Anda cari di google dengan kata kunci “hosting murah”. Tentunya ada penyedia hosting yang terpercaya dan juga ada juga yang abal-abal. Untuk mendapatkan penyedia hosting yang terpercaya dan kualitas hostingnya bagus, Anda bisa lihat di forum Diskusi Web Hosting Indonesia.

Coba Anda lihat iklan di bagian Shared Hosting & Cloud Hosting. Ada banyak penyedia hosting yang menawarkan promo menarik yang bisa Anda pilih.

Ada banyak juga yang menawarkan paket hosting gratis domain. Ini adalah pilihan yang menarik karena tidak perlu lagi membeli domain terpisah.

Berikut penyedia hosting yang pernah saya gunakan:

  • Sulissoft
  • Warna Host
  • DhyHost
  • SamiHost

Anda tidak harus memilih hosting yang pernah saya pakai. Anda bisa pilih yang lain.

Anda bisa lihat bagian kesan positif dan testimonial pelanggan disini untuk melihat testimoni pengguna dan kesan mereka dengan layanan yang ditawarkan. Bandingkan harga layanan beberapa penyedia hosting yang menurut Anda cukup baik.

Gimana Caranya Beli Hosting dan Domain?

Membeli hosting dan domain sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Setelah Anda menentukan penyedia hosting, Anda buka websitenya dan pilih layanan yang Anda mau. Ada baiknya Anda pilih yang bisa memberikan domain gratis selama Anda pakai layanannya. Kalaupun layanan yang Anda pilih tidak memberikan domain gratis, biasanya Anda juga bisa membeli sekalian di penyedia hosting.

Jangan lupa untuk memperhatikan lokasi server yang Anda sewa. Jika target pembaca website Anda adalah orang Indonesia, pilih yang lokasi servernya ada di Indonesia, tapi jika targetnya adalah orang dari luar negeri lokasi server bisa pilih lokasi server US.

Install WordPress dalam 5 Menit

Langkah-langkah install WordPress cukup mudah dilakukan. Dan pada umumnya dibagi menjadi dua, instalasi otomatis dan instalasi manual. Tentunya instalasi otomatis yang dianjurkan untuk pengguna yang baru memulai membuat website. Modul belajar WordPress ini akan memberikan panduan install WordPress otomatis secara lengkap. Jika Anda ingin mencoba instalasi manual, Anda bisa klik disini.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk install WordPress.

1. Login ke control panel hosting

Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah login ke control panel hosting Anda. Pada umumnya penyedia hosting di Indonesia menggunakan control panel cPanel atau DirectAdmin.

Cek email yang dikirim penyedia hosting setelah Anda membayar paket hosting yang Anda beli. Di email itu ada informasi username dan password untuk login dan alamat login.

cPanel bisa diakses di domainanda.com/cpanel atau domainanda.com:2082 atau domainanda.com:2083

Sedangkan untuk DirectAdmin, penyedia hosting tekadang menggunakan port yang berbeda-beda, sehingga disarankan untuk melihat email yang dikirim oleh penyedia hosting.

Catatan: ganti domainanda dengan nama domain yang Anda beli.

2. Install WordPress

Berikut langkah-langkah instalasi WordPress

Jika Anda sudah masuk ke dalam control panel, cari Softaculous. Pada umumnya, malah sepertinya semua, penyedia hosting ada menu Softaculous. Klik pada logo WordPress dan Anda akan langsung masuk ke menu instalasi.

Instalasi WordPress - Softaculous

Setelah logo WordPress dipilih, tahapan selanjutnya adalah pilih tombol Install Now yang ada di layar.

Install WordPress Now

Setelah Anda pilih Install Now, ada beberapa hal yang harus Anda isi terkait dengan website yang Anda buat, seperti nama website, informasi login, dsb. Tampilan layarnya seperti di bawah ini. Memang ada beberapa hal yang harus diisi dan mungkin agak membingungkan, tapi di modul ini akan coba dijelaskan sehingga Anda akan mudah untuk mengisinya.

Informasi Website

Berikut penjelasan tentang beberapa hal yang harus diisi.

  • Choose the version you want to install: Ini adalah versi WordPress. Pilih versi terbaru yang ada pada pilihan disini.
  • Choose installation URL: Pada bagian Choose Domain otomatis terisi dengan domain yang Anda pilih saat membeli domain dan hosting. Sedangkan untuk Choose Protocol ada beberapa pilihan.
    • http:// -> jika Anda ingin website Anda diakses melalui alamat domainanda.com maka pilih yang ini.
    • http://www. -> pilih ini jika Anda ingin alamat website Anda www.domainanda.com. Ini pilihan yang cukup baik karena orang-orang selalu mengasumsikan website dengan www.
    • https:// -> sama dengan pilihan http:// dan jika hosting Anda memberikan SSL gratis (bisa Anda konfirmasi dengan penyedia hosting) maka ini adalah pilihan yang lebih baik dari http://. Tambahan huruf s adalah singkataan dari secure.
    • https://www. -> ini adalah pilihan terbaik jika hosting Anda memberikan SSl gratis.
  • Site Name: nama website Anda.
  • Site Description: deskripsi dari website Anda
  • Admin Username: username admin digunakan untuk mengelola website Anda, misalnya untuk mengganti tema, menambah plugin, menambah user. Jangan gunakan admin sebagai username, karena memudahkan orang untuk membajak website Anda.
  • Admin Password: gunakan kombinasi password huruf, angka, dan tanda baca agar tidak mudah ditebak. Password dengan kombinasi seperti a8%Reb^L90!! akan sangat sulit untuk dibobol dibandingkan dengan 123456.

Pilihan username yang unik dan password yang kuat akan membuat website Anda menjadi lebih aman dari pembajakan. Jika Anda menggunakan username admin dan password 123456, website Anda akan sangat rentan dengan pembajakan.

Pilihan lain yang ada di gambar di atas dapat Anda biarkan seperti yang terisi disitu. Setelah semua terisi pilih Install, dan jika dalam waktu 5 menit Anda melihat gambar seperti di bawah, selamat website Anda sudah jadi.

Instalasi WordPress Berhasil

Anda bisa langsung ketik www.domainanda.com di browser dan melihat tampilan website Anda.

3. Login ke WordPress dashboard

Website Anda sudah jadi dan bisa langsung diakses. Jika Anda ingin mengelola, misalkan menambah postingan dan mengubah tampilan website, menambah contact form, Anda harus login ke dalam website Anda.

Ketik www.domainanda.com/wp-admin untuk login ke website Anda.

WordPress Login Page

Username dan password adalah yang Anda bikin pada langkah kedua. Jika password yang Anda masukkan benar (jika sesuai dengan langkah kedua seharusnya benar) maka Anda sekarang berada di dashboard WordPress yang tampak seperti gambar berikut.

WordPress Dashboard

Selesai!

Cukup mudah bukan untuk membuat sebuah website? Tunggu apalagi, Ayo Bikin Website sekarang juga!

Setelah website Anda jadi, tentunya Anda ingin membuat artikel atau informasi menarik yang ingin Anda sampaikan kepada orang di seluruh dunia. Silahkan lanjutkan ke modul berikutnya untuk belajar membuat post untuk menambahkan konten di website.