Kategori

Konten yang ada di WordPress dapat dikelompokkan berdasarkan topik-topik tertentu. Hal ini cukup membantu user untuk mengorganisasi konten yang dibuat.

WordPress mempunyai category dan tag untuk mengelompokkan konten. Pengelompokkan ini hanya terbatas pada Post. Page menggunakan hirarki parent and child.

Tapi apa bedanya kategori dan tag?

Kapan kita menggunakan kategori, kapan kita meggunakan tag?

Mari kita bahas dari keduanya.

Category

Kategori, sesuai namanya, digunakan untuk mengelompokkan post dalam kategori tertentu.

Sebagai contoh Ayo Bikin Website mempunyai tiga kategori yaitu Info, Review, dan Tutorial. Kategori Info berisi informasi seputar WordPress. Kategori Review berisi review mengenai tema dan plugin, dan kategori Tutorial berisi tentang tutorial lengkap mengenai cara menggunakan plugin atau mengganti tema.

Kategori dan Tag

Dengan demikian pengunjung yang ingin mencari tutorial bisa langsung menuju ke kategori Tutorial.

Kita juga bisa membuat sub-sub kategori yang lebih spesifik lagi. Misalnya sub kategori Tutorial Plugin yang membahas tutorial yang lebih spesifik, yaitu plugin.

Sebuah post bisa dimasukkan ke lebih dari satu kategori, tapi anda tidak bisa membuat post tanpa memilih salah satu kategori. Jadi, kategori ini sifatnya wajib. Jika Anda tidak menentukan kategori maka WordPress akan memasukkan ke dalam kategori Uncategorized.

Tag

Tag kita gunakan untuk menandai post menjadi topik-topik tertentu. Topik dalam tag ini sifatnya lebih spesifik terhadap isi dari post anda.

Sebagai contoh Ayo Bikin Website mempunyai tag Kadence. Tag Kadence tersebut berisi semua post yang secara spesifik membahas tentang Kadence theme yang merupakan salah satu tema terbaik WordPress.

Dengan demikian, pengunjung yang ingin melihat review atau tutorial tentang Kadence (terlepas dari kategorinya) bisa masuk ke tag Kadence yang sudah kita buat.

Sama seperti kategori, tujuan dari tag adalah untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs anda. Sebuah post juga bisa diberikan lebih dari satu tag.

Bedanya, tag tidak wajib seperti kategori.

Menambahkan Kategori dan Tag pada Post

Anda dapat menambahkan kategori dan tag ketika sedang membuat atau mengedit post. Anda akan menemukan opsi menambah kategori dan tag di bagian setting di sebelah kanan editor.

Menambah Kategori dan Tag

Atau bisa menggunakan menu Posts » Categories dan Posts » Tags dari dashboard untuk menambah kategori dan tag.

Kesimpulan

Kategori dan Tag sangat penting digunakan untuk membuat konten yang Anda buat menjadi lebih terstruktur dan terorganisir. Hal ini akan membuat pengunjung website Anda menjadi lebi mudah untuk menemukan konten yang mereka cari.