Navigasi

Menu navigasi atau biasa disebut menu adalah fitur di WordPress dimana Anda bisa menaruh beberapa link di bagian tertentu website Anda. Untuk membuatnya pilih menu Appearance » Menus dari dashboard.

Biasanya menu ini dijadikan navigasi dan ditaruh di header (bagian atas) website.

Kita bisa membuat lebih dari satu menu dan meletakkannya di beberapa tempat di website, seperti di header, footer, atau sidebar.

Membuat Menu Navigasi

Menu navigasi berisi link yang memudahkan user untuk mengakses halaman-halaman yang penting di website. Menu ini biasanya ada pada bagian atas pada setiap halaman website.

Contohnya menu yang ada di Ayo Bikin Website:

Menu Navigasi

Untuk membuat menu, klik pada Appearance » Menus dari dashboard WordPress.

Membuat Menu Baru

Isi nama menu yang sedang dibuat. Contohnya seperti “Top Navigation Menu” karena menunya akan digunakan pada header website. Setelah itu tekan tombol Create Menu.

Membuat Menu

Setelah membuat menu, sekarang saatnya menambahkan link sebagai navigasi website. Anda bisa memilih Page yang digunakan sebagai navigasi atau membuat semua Page yang Anda buat sebagai menu navigasi.

Klik pada ceklis yang ada di sebelah nama Page untuk memilih Page tersebut sebagai menu. Kemudian klik tombol Add to Menu. Setelah Anda menambahkan Page ke menu, Anda bisa mengatur dengan mudah urutan Page yang akan ditampilkan di menu.

Urutan Menu

Setelah memilih halaman yang akan ditampilkan, Anda bisa memilih dimana menu tersebut ditampilkan. Sebagai contoh, tema yang digunakan memiliki 5 lokasi untuk menampilkan menu. Jumlah lokasi menu yang ada di tiap tema WordPress akan berbeda tergantung dari developer tema tersebut.

Display Menu

Hasilnya adalah tampilan seperti gambar berikut.

Main Menu

Membuat Sub Menu

Anda bisa membuat sub menu untuk membuat menu lebih terstruktur. Caranya pun cukup mudah. Tempatkan item yang ingin dijadikan sub menu di bawah item yang ingin dijadikan parent menu kemudian drag ke kanan sedikit.

Membuat sub menu

Sebagai contoh menu Logo Design dan Website Design menjadi sub menu dari Services. Hasilnya seperti gambar berikut.

Sub Menu

Menambahkan Kategori ke Menu

Jika Anda telah menambahkan kategori untuk konten yang Anda buat, Anda bisa menambahkan kategori tersebut ke menu navigasi.

Kategori Menu

Menambahkan kategori ke menu bisa dilakukan dengan mudah. Klik pilihan Categories kemudian pilih kategori yang akan ditambahkan kemudian klik tombol Add to Menu.

Kategori yang dipilih akan tampil seperti item yang lainnya. Anda bisa membuatnya menjadi sub menu dari item menu yang lain.

Menambahkan Link Kustom ke Menu

Selain kategori, Anda bisa menambahkan link kustom ke menu navigasi. Link kustom ini bisa jadi link ke media sosial atau link ke toko online atau yang lainnya.

Untuk menambahkan link kustom ini juga cukup mudah. Pilih opsi Custom Links kemudian masukkan link Anda kemudian klik tombol Add to Menu.

Link Menu

Mengubah dan Menghapus Item di Menu

When you add pages or categories to your custom navigation menu, WordPress uses the page title or category name as the link text. You can change this if you want.

Any menu item can be edited by clicking on the downward arrow next to it.

Ketika Anda menambahkan Page dan Kategori ke manu navigasi, WordPress menggunakan judul halaman atau nama kategori sebagai teks yang ditampilkan di menu. Anda bisa menggantinya jika Anda mau.

Untuk mengubahnya klik tanda panah di samping kanan menu item.

Edit Menu

Anda bisa mengganti teks yang tampil pada bagian Navigation Label.

Selain mengubah nama, Anda juga bisa menghapus menu yang sudah tidak digunakan dengan klik Remove.

Apa yang Sebaiknya ada di Menu Navigasi

Keberadaan menu navigasi sangat penting bagi pengunjung website agar mereka bisa berkeliling situs Anda dengan mudah.

Menu navigasi biasanya berisi halaman-halaman terpenting di website Anda.

Ini beberapa contoh link yang ada di menu navigasi:

  1. Homepage
  2. Blog atau arsip post terbaru (kalau berbeda dengan homepage)
  3. Tentang website Anda
  4. Kontak atau halaman untuk meghubungi Anda
  5. Halaman-halaman lainnya yang penting

Anda juga bisa membuat menu yang khusus berisi link ke akun media sosial.