Widget

Dengan menggunakan widget Anda bisa menambah fungsi dan fitur pada sidebar dan beberapa lokasi lain di website. Anda bisa menambahkan widget berupa postingan terakhir, atau menambahkan widget berupa kalender, dan masih banyak lagi widget yang bisa ditambahkan di website yang Anda kelola.

Yuk ketahui lebih banyak tentang apa itu widget, jenis widget dan bagaimana cara menambahkan widget di WordPress!

Apa itu Widget?

Widget adalah konten atau item yang bisa ditambahkan ke sidebar, footer atau area lain di halaman WordPress. Ada beberapa widget yang langsung bisa digunakan saat menginstall WordPress, seperti Calendar, Recent Post, Recent Comments, kode HTML ataupun Search.

Widget bisa Anda temukan di halaman Appearance > Widgets pada dashboard WordPress.

Di halaman widget tersebut Anda bisa melihat daftar widget yang tersedia. Di sebelah kanan adalah area tujuan pada website WordPress dimana Anda bisa menempatkan widget-widget tersebut. Area penempatan widget ini berbeda-beda tergantung dengan tema yang digunakan. Pada umumnya area sidebar disediakan setiap tema.

Berikut contoh area widget yang tersedia jika menggunakan tema GeneratePress.

Widget Area

Cara Menambahkan Widget di WordPress

Cara menambahkan widget di WordPress yang paling mudah adalah dengan melakukan drag and drop atau menyeret dan meletakkannya di sidebar atau area lain. Ya, halaman widget ini mendukung fitur drag and drop.

Anda juga bisa menambahkan widget dari Customizer. Dengan cara ini Anda bisa melihat langsung widget yang Anda tambahkan secara real time. Untuk mengakses halaman Customizer Anda bisa menggunakan menu Appearance > Customize.

Perlu diperhatikan, tidak semua area widget akan muncul di Customizer. Ini karena tidak semua developer tema memberikan fitur widget di Customizer.

Berikut langkah-langkah untuk menambahkan widget di WordPress.

1. Login WordPress

Karena untuk menambahkan widget di WordPress harus dilakukan dari dashboard, maka Anda harus login dulu ke WordPress.

2. Pilih Menu Appereance > Widgets

Setelah masuk ke dashboard WordPress, klik menu Appearance > Widgets. Di halaman widget tersebut akan ada daftar widget yang bisa Anda gunakan dan area yang tersedia.

3. Menambahkan Widget

Berikut penjelasan dari beberapa widget yang bisa digunakan. Tidak semua widget dijelaskan, hanya beberapa widget yang umum digunakan.

  • Archives: untuk menampilkan beberapa post
  • Calendar: untuk menampilkan kalender di website
  • Categories: untuk menampilkan post dengan kategori tertentu
  • Custom HTML: untuk menampilkan kode HTML yang ditambahkan. Biasanya ada beberapa plugin yang harus diletakkan menggunakan kode HTML. Nah, plugin tersebut diletakkan di widget bagian Custom HTML ini.
  • Custom Menu: untuk menambahkan menu ke sidebar
  • Image: untuk menampilkan gambar
  • Pages: untuk menambahkan daftar pages (halaman)
  • Recent Comments: untuk menambahkan beberapa komentar terakhir
  • Recent Posts: untuk menambahkan post terakhir
  • Recent Post Extended: untuk menambahkan custom post
  • Search: untuk memberikan kolom pencarian di website
  • Tag Cloud: untuk menampilkan tag artikel yang telah diposting
  • Text: untuk menambahkan tulisan di website

Ada beberapa cara untuk menambahkan widget di WordPress

Untuk menambahkan widget di halaman widget Anda cukup melakukan drag and drop atau menyeret dan meletakkannya di sidebar atau area lain.

Drag n Drop Widget

Cara lainnya adalah Anda klik judul widget dari daftar widget yang tersedia. WordPress akan menunjukkan dimana Anda bisa menambahkan widget tersebut. Sebagai contoh klik pada icon di bagian kanan widget kemudian pilih Left Sidebar menambahkan widget di samping kiri konten. Atau Anda bisa memilih area lain yang tersedia seperti right sidebar, header atau footer. Lalu klik tombol Add Widget untuk menambahkan widget tersebut.

Menambahkan Widget di WordPress

Sedangkan untuk menambahkan widget dari Customizer agar bisa melihatnya secara real time, pilih menu Appearance > Customize. Jika tema yang Anda gunakan mendukung penambahan widget dari Customizer, Anda bisa menemukan pilihan widget di Customizer. Contohnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Ada menu widget yang bisa diatur dari Customizer.

Customizer

Cara Menghapus Widget

Menghapus widget sama mudahnya dengan cara menambahkan widget di WordPress. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman Appearance > Widget. Pilih widget yang ingin dihapus dan klik ke judul widget untuk melihat pengaturan widget.

Di bagian bawah pengaturan, Anda bisa temukan link untuk menghapus widget. Menghapus widget akan menghilangkan pengaturan widget seperti judul atau pilihan yang telah Anda pilih.

Jika Anda ingin menghapus widget tanpa menghilangkan pengaturannya, maka perlu drag and drop atau seret widget ke bagian Inactive Widgets (widget tidak aktif).