Jika Anda menggunakan kata kunci “WordPress” di kolom pencarian Google, maka WordPress.com dan WordPress.org ada pada peringkat 1 dan 2 di hasil pencarian. Apakah Anda tahu bahwa WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform yang berbeda? Masih banyak orang yang menganggap bahwa kedua platform ini sama.

Banyak orang juga masih bertanya-tanya, manakah yang lebih baik diantara keduanya. Untuk menjelaskan hal itu artikel WordPress.com vs WordPress.org ini dibuat.

Dalam artikel ini, selain menampilkan informasi perbandingan WordPress.com vs WordPress.org, kami akan membantu Anda untuk menentukan platform mana yang lebih cocok untuk Anda. Apakah Anda sudah siap untuk menyimak perbandingan WordPress.com vs WordPress.org?

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com adalah sebuah layanan hosting WordPress yang dibuat oleh Matt Mullenweg. Karena dia juga yang membuat WordPress.org, banyak orang yang menganggap bahwa keduanya adalah platform yang sama.

WordPress.com menawarkan layanan gratis dan berbayar:

  • Free – gratis tapi fiturnya terbatas
  • Personal – $36 per tahun
  • Premium – $99 per tahun
  • Business – $299 per tahun
  • VIP – mulai dari $5000 per bulan

Untuk memulai membuat website, Anda bisa menggunakan layanan gratis yang disediakan.

Kelebihan WordPress.com

Beberapa kelebihan yang dimiliki WordPress.com antara lain:

  • WordPress.com mempunyai layanan gratis. Anda tidak perlu membeli domain karena Anda mendapatkan sub domain dari WordPress.com. Dan dengan mendaftar layanan gratis, Anda juga langsung mendapatkan space sebesar 3 GB.
  • Anda juga tidak perlu memikirkan maintenance website karena WordPress.com yang melakukannya untuk Anda. WordPress.com akan melakukan update dan backup website Anda.
  • Performa website yang ada di WordPress.com tidak perlu dipertanyakan. Waktu loading website cepat dan jarang sekali terjadi downtime.

Kekurangan WordPress.com

Tentunya WordPress.com juga memiliki berbagai batasan jika dibandingkan dengan WordPress.org, yaitu:

  • Anda tidak akan bisa menggunakan tema kustom jika Anda tidak berlangganan layanan Bussiness. Tema kustom kemungkinan besar Anda perlukan untuk membuat tampilan website Anda unik dan berbeda dengan website lain.
  • Anda juga tidak bisa menginstal plugin jika tidak berlangganan layanan Bussiness. Plugin sangat diperlukan jika ingin menambah fitur-fitur baru di website Anda.
  • WordPress.com memang memberikan Anda sub domain gratis. Tetapi alamat website Anda akan menjadi bloganda.wordpress.com. Anda tidak bisa menggunakan domain sendiri seperti www.bloganda.com.
  • WordPress.com akan menampilkan iklan di website Anda. Anda perlu upgrade layanan untuk menghilangkan iklan tersebut.
  • Pastikan juga bahwa website Anda tidak menyalahi aturan WordPress. Karena kalau mereka menganggap Anda melanggar aturan yang ada, mereka bisa menghapus website Anda kapan saja.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org adalah platform open source yang gratis tak berbayar. Tapi untuk memiliki website dengan WordPress.org, Anda membutuhkan domain dan hosting. Oleh karena inilah WordPress.org sering disebut juga self-hosted WordPress.

Wordpress.com vs WordPress.org

Kelebihan WordPress.org

Anda memiliki kontrol penuh atas website Anda jika Anda menggunakan WordPress.org. Selain itu berikut beberapa kelebihan lain yang akan Anda dapatkan:

  • Anda bisa memasang tema yang Anda inginkan. Ada banyak tema gratis yang bisa Anda pakai untuk mengubah tampilan website. Jika tema gratis kurang memuaskan, Anda bisa menggunakan tema premium.
  • Tentunya Anda bisa menambah fitur-fitur baru dengan menginstal plugin.
  • Anda bisa menampilkan iklan Anda sendiri atau menggunakan Google Adsense untuk mendapatkan uang dari iklan yang tampil di website Anda.
  • Jika Anda ingin memiliki toko online, Anda bisa melakukannya dengan WordPress.org.

Kekurangan WordPress.org

Tentunya WordPress.org juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangannya adalah:

  • Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli domain dan menyewa hosting. Anda bisa memulai dengan menggunakan hosting dengan space yang tidak terlalu besar dan upgrade space seiring dengan berkembangnya website Anda.
  • Karena kontrol penuh website ada pada Anda, maka Anda harus melakukan update sendiri. Sebenarnya update WordPress cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menekan tombol update untuk melakukannya.
  • Selain update, Anda juga harus melakukan backup website Anda sendiri. Anda cukup menginstal plugin untuk melakukannya.

Kekurangan yang dimiliki WordPress.org tidak sebanding dengan kelebihan yang ditawarkan.

WordPress.com vs WordPress.org – Mana yang Lebih Baik?

Banyak orang yang suka bertanya, mana yang lebih baik, jika dibandingkan WordPress.com vs WordPress.org. Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot membeli hosting dan domain dan hanya berencana untuk membuat blog dan website sederhana dan tidak keberatan dengan alamat website bloganda.wordpress.com, maka WordPress.com adalah pilihan yang lebih baik.

Tetapi, jika Anda pebisnis atau blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog, kami sarankan Anda menggunakan WordPress.org. Dengan WordPress.org, selain memiliki lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam mengembangkan website, Anda juga bisa memiliki website dengan alamat www.bloganda.com.

Selain itu, hal terbaik dari WordPress.org adalah bisa menggunakan plugin untuk menambah fitur website. Dan ada ribuan plugin gratis yang bisa Anda gunakan.

Bagi kami pemenang untuk WordPress.com vs WordPress.org adalah WordPress.org, karenanya Ayo Bikin Website dibuat menggunakan platform WordPress.org.

Jika Anda berencana menggunakan WordPress.org untuk membuat website, Anda bisa ikuti cara pembuatan website dengan WordPress di link ini.

Migrasi dari WordPress.com ke WordPress.org

Banyak orang yang mulai membuat website menggunakan WordPress.com dan setelah mengetahui keterbatasannya memutuskan untuk pindah ke WordPress.org.

Untuk memindahkan data dari WordPress.com, Anda bisa login ke akun Anda di WordPress.com kemudian export semua data yang ada disitu. Simpan file hasil export tersebut dan kemudian import file tersebut di WordPress.org.

Cukup mudah bukan untuk migrasi ke WordPress.org?

Sudah menentukan pilihan dari perbandingan WordPress.com vs WordPress.org?

Jangan ragu untuk menggunakan WordPress.org. Ayo bikin website impianmu dengan WordPress.

Artikel Terkait

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *