Apakah Anda penasaran bagaimana caranya untuk melakukan reset pada database WordPress? Jika iya maka Anda berada pada tempat yang tepat. Ayo Bikin Website membahas mengenai cara mudah untuk mereset database WordPress.

Ada beberapa skenario yang membuat Anda mereset database WordPress. Yang paling sering terjadi adalah Anda sedang mencoba tema atau plugin. Apapun alasannya, reset database WordPress bisa jadi pekerjaan yang cukup memakan waktu.

Tetapi dengan adanya plugin WP Reset hal ini menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Jika Anda baru mendengar mengenai WP Reset, berikut kami sampaikan ulasan lengkap kami mengenai WP Reset.

Apa itu WP Reset?

Fungsi dari WP Reset seharusnya sudah bisa Anda ketahui dari namanya.

Ya, fungsi utama dari plugin ini adalah melakukan reset database WordPress dan mengembalikan database menjadi seperti saat pertama kali install WordPress.

Fungsi lain dari plugin ini adalah untuk membuat restore point. Misalnya Anda membuat restore point sebelum mengganti tema WordPress. Setelah Anda ganti tema ternyata Anda tidak cocok dengan tema tersebut. Maka Anda bisa kembali ke titik sebelum Anda install tema dengan mudah.

Fitur-fitur WP Reset

Berikut ini beberapa fitur terbaik dari WP Reset.

Mode Reset

Fitur utama WP Reset adalah melakukan reset database WordPress. Dan untuk melakukan reset, WP Reset tidak hanya mempunyai 1 mode, tetapi ada 3 mode reset yaitu: Options Reset, Site Reset, dan Nuclear Reset.

Tapi pada versi gratis plugin ini hanya bisa menggunakan mode Site Reset. Mode Site Reset ini sebenarnya sudah cukup untuk mengembalikan database WordPress seperti saat pertama install WordPress. Dan mode ini juga cukup aman digunakan untuk pengguna pemula WordPress karena hanya mereset database tanpa menghapus file apapun.

Berbeda jika menggunakan Nuclear Reset dimana semua file upload, plugin dan tema bisa terhapus saat mode ini digunakan. Berikut perbedaan mode Options Reset, Site Reset dan Nuclear Reset.

Reset Mode

Snapshot

Ini adalah salah satu fitur luar biasa yang dimiliki WP Reset yang memungkinkan Anda mengembalikan database ke salah satu snapshot.

Snapshot adalah copy dari semua tabel database, baik itu tabel standar WordPress maupun tabel kustom yang dibuat oleh tema dan plugin. Yang perlu digaris bawahi adalah snapshot ini bukan merupakan pengganti backup karena file selain database tidak ikut dalam backup. Jika Anda ingin melakukan backup WordPress secara keseluruhan Anda bisa menggunakan plugin seperti UpdraftPlus.

Salah satu fitur snapshot ini adalah Anda bisa membandingkan perubahan yang terjadi pada database., apa yang berubah dari databse Anda, apa yang dihapus atau apa yang ditambahkan pada database oleh plugin yang baru diinstall.

Contohnya pada gambar di bawah, Kami melakukan snapshot kemudian menginstall plugin WooCommerce. Dapat dilihat bahwa plugin WooCommerce menambah tabel baru dan menambah data pada beberapa tabel standar.

Compare Database

Ketika Anda menghapus plugin, tabel yang sudah dibuat oleh plugin tersebut tidak serta merta ikut dihapus. Tabel tersebut tetap ada di database. Fitur lain dari snapshot ini adalah mengembalikan database Anda sama seperti saat Anda melakukan snapshot.

Ada baiknya ketika baru menginstall WordPress Anda melakukan snapshot sehingga Anda punya semacam mesin waktu untuk mengembalikan WordPress Anda jika dibutuhkan. Kami juga melakukan snapshot sesaat setelah install WordPress di website lain kami yang kami gunakan untuk mengetes plugin dan tema.

Menghapus Tema

Versi gratis WP Reset memang tidak bisa menggunakan mode Nuclear Reset untuk menghapus tema yang terpasang di website. Tapi Anda tetap dapat menggunakan fitur hapus semua tema. Untuk mengaksesnya Anda bisa pilih menu Tools > WP Reset > Tools tab > Delete Themes.

Delete Themes

Menghapus Plugin

Sama dengan fitur menghapus tema, untuk mengaksesnya Anda bisa pilih menu Tools > WP Reset > Tools tab. Kemudian pilih menu Delete Plugins. Semua plugin yang ada di website Anda akan dihapus kecuali WP Reset.

Delete Plugin

Menghapus Tabel Database Kustom

Tabel database kustom adalah tabel yang dibuat ketika menginstal plugin. Dan tabel-tabel tersebut digunakan untuk menyimpan data dan konfiguras plugin tersebut. Jika ingin menghapus semua tabel kustom dan reset database WordPress kembali seperti saat pertama install WordPress Anda bisa menggunakan fitur ini.

Delete Custom Table

Apa yang Dihapus oleh Plugin WP Reset?

  • Semua post, page, comment, custom post, media entry dan user.
  • Semua tabel standar di database akan dihapus.
  • Semua tabel kustom di database juga akan dihapus.

Apa yang Tidak Dihapus/dimodifikasi oleh plugin WP Reset?

  • Semua file media yang diupload tidak akan dihapus, tetapi tidak bisa lagi digunakan dari menu media di dashboard.
  • Semua tema dan plugin.
  • Nama website, pilihan bahasa, alamat website tidak akan diubah.

Cara Reset Database WordPress dengan WP Reset

1. Install Plugin WP Reset

Sama seperti cara menginstal semua plugin yang ada di direktori plugin WordPress, Anda perlu login ke dashboard untuk menginstal plugin ini.

  1. Dari dashboard klik App Plugins kemudian klik Add New.
  2. Ketik reset di kolom pencarian.
  3. Klik Install Now kemudian klik Activate.
WP Reset

Kami memiliki tutorial lengkap cara menginstall plugin jika Anda ingin mengetahui langkah detail dalam menginstall plugin.

2. Reset Database WordPress

Untuk mengakses fungsi reset dan fitur-fitur lainnya pilih menu Tools > WP Reset > Reset tab. Ini akan membawa Anda ke halaman reset.

Karena menggunakan versi gratis maka hanya mode Site Reset yang bisa dipakai. Mode Site Reset ini sebenarnya sudah cukup untuk reset database WordPress dan mengembalikannya seperti saat pertama install WordPress. Dan mode ini juga cukup aman digunakan untuk pengguna pemula WordPress karena hanya mereset database tanpa menghapus file apapun.

Site Reset

Mode Site Reset hanya akan melakukan reset database WordPress. Mode ini tidak akan menghapus tema dan plugin yang terpasang di website. Ada pilihan untuk mengaktifkan tema dan semua plugin yang aktif sebelum direset ulang.

Point penting dari plugin ini adalah Anda harus mengetik kata reset sebelum klik pada tombol Reset Site. Hal ini cukup penting karena dengan model seperti ini kejadian reset karena tombol reset terpencet secara tidak sengaja tidak akan terjadi.

Setelah mengetik kata reset dan klik tombol reset, Anda akan mendapat konfirmasi sekali lagi, apakah Anda benar-benar ingin melakukan reset database WordPress

Konfirmasi Reset

Klik tombol Reset Site dan proses reset pun dimulai. Proses reset pun hanya butuh waktu sebentar.

Kesimpulan

Apakah plugin ini memang diperlukan?

Jika dilihat dari fungsinya yang hanya melakukan reset database WordPress, sepertinya plugin ini kurang bermanfaat.

Tapi jika Anda sering mencoba-coba plugin dan sering ganti tema, maka menginstall WordPress di localhost + WP Reset adalah pilihan terbaik. Anda bisa reset WordPress setiap ganti tema atau menghapus plugin.

Apakah Anda pernah punya pengalaman melakukan reset WordPress? Silakan tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *